fbpx
sales@bandaracity.com

Tips Cerdas Memilih Apartemen untuk Pemula

Tips Cerdas Memilih Apartemen untuk Pemula

|November 19, 2020 | News

Tinggal di apartemen sering kali dinilai lebih praktis. Terlebih, apartemen biasanya terletak dekat dengan pusat bisnis dan perbelanjaan sehingga mempermudah mobilitas sehari-hari.

Tips Memilih Apartemen untuk Pemula

Tak heran jika apartemen kini makin laris, apa lagi dengan beragam fasilitas yang ditawarkan. Tapi, memilih apartemen gak boleh sembarangan lho!

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih apartemen terutama bagi para pemula.  Nah, bagi kamu yang gak mau salah pilih, simak baik-baik 8 tips memilih apartemen berikut, yuk!

1. Lokasi

Dalam memilih apartemen, lokasi gedung merupakan hal utama yang harus dipertimbangkan. Carilah apartemen yang dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, kantor, kampus, dan fasilitas umum lainnya.

Tak hanya itu, pastikanlah kamu memilih apartemen dengan lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum sehingga tak repot bermobilisasi.

Jika terdapat sejumlah apartemen yang sama-sama berlokasi strategis, kamu bisa membandingkannya lagi dari jarak ke fasilitas umum, akses kendaraan, dan potensi kemacetan di rute sekitar apartemen.

2. Cari sesuai kebutuhan

Bagi pemula, terdapat 3 jenis apartemen yang perlu diketahui, yaitu full furnished (sudah siap dihuni), unfurnished (tidak ada furniture sama sekali), dan semi furnished (ada beberapa furniture).

Ukuran apartemen pun patut dipertimbangkan sebelum memilih apartemen. Mulai dari studio, 1 kamar tidur dan dua  kamar tidur.

Jangan sampai kamu memilih apartemen yang ‘wah’ hanya karena gengsi, ya! Hal itu malah bisa merugikan dirimu sendiri terutama dalam finansial. Carilah tipe apartemen sesuai kebutuhanmu, bukan hanya berdasarkan keinginan.

3. Cermati fasilitas yang tersedia

Tentu saja kita harus mencermati segala fasilitas yang tersedia di unit sebelum memilih apartemen.

Bagi yang memilih apartemen semi furnished atau pun furnished pastikanlah fasilitas yang tersedia di unit masih dalam keadaan baik, aman, dan nyaman.

Selain itu, luangkan pula waktumu untuk memperhatikan fasilitas pendukung  seperti sarana olahraga, bank, supermarket/minimarket, dan sebagainya. Hal ini penting lho untuk mendukung aktivitasmu sehari-hari!

4. Pertimbangkan harga sewa

Pertimbangkanlah harga sewa baik-baik sebelum memilih apartemen. Perhatikanlah apakah harga sewa tersebut worth it dengan fasilitas yang disediakan dan lokasi yang strategis.

Jangan lupa hitung juga berapa biaya pemeliharaan gedung dan tagihan lain-lain yang harus dibayar di luar biaya sewa.

Jika ingin lebih hemat, sewalah apartemen langsung dalam setahun.

5. Faktor keamanan

Salah satu nilai plus dari tinggal di apartemen adalah adanya fasilitas keamanan yang lebih ketat. Namun, kamu juga harus pertimbangkan kondisi keamanan di sekitar lingkungan apartemen, lho!

Sebelum memilih apartemen, cari tahulah soal layanan keamanan yang akan kamu dapatkan di apartemen. Pastikan pula CCTV apartemen berfungsi dengan baik untuk memantau kondisi keamanan lingkungan.

 

Source: rukita.co