fbpx
sales@bandaracity.com

Tips Agar Lebih Hemat Tinggal di Apartemen

Tips Agar Lebih Hemat Tinggal di Apartemen

|Desember 4, 2019 | News

Tinggal di apartemen identik dengan pengeluaran yang mahal. Biaya sewa apartemen tiap bulan yang tak sedikit, ditambah uang perawatan, tagihan listrik dan berbagai pengeluaran lain adalah beberapa hal yang siap menguras isi kantong kamu. Jika kamu tidak berpenghasilan besar, hampir bisa dipastikan hidup di apartemen akan terasa berat.

Meski begitu, tetap ada cara untuk mengatasinya. Kamu bisa menerapkan tips hemat tinggal di apartemen. Walau tidak menekan pengeluaran kamu sampai nol rupiah, tetapi setidaknya bisa membuat isi kantong kamu jadi lebih sehat.

Tips Hemat Tinggal di Apartemen

1. Manfaatkan perabotan yang multifungsi

Kamu bisa pilih untuk menggunakan perabot multifungsi. Selain bisa menghemat tempat, penggunaan perabot multifungsi juga bisa membantu kamu untuk menghemat pengeluaran.

Hal ini karena kamu hanya cukup membeli satu barang saja untuk mendapatkan berbagai manfaat. Jadi anggaran uangnya bisa kamu gunakan untuk keperluan lainya.

 

2. Membuat anggaran pengeluaran

Untuk bisa menyisihkan uang untuk ditabung, kamu harus menyisihkan uang ini di awal. Hal ini bisa kamu capai dengan membuat anggaran. Misalnya kamu bisa mengikuti aturan 50-30-20. Artinya, 50% dari pendapatan digunakan untuk hal-hal pokok seperti biaya sewa apartemen, cicilan bulanan, dan kebutuhan pokok lainnya.

Sementara itu 30% dari pendapatan bisa digunakan untuk kebutuhan sekunder seperti hiburan dan keinginan lainnya. Sedangkan 20% dari pendapatan disisihkan untuk tabungan. Tips hemat tinggal di apartemen yang satu ini ada baiknya bila tidak kamu ganggu gugat lagi.

3. Hemat di Apartemen

Karena biaya sewa apartemen sudah cukup mahal, kamu perlu untuk menghemat pengeluaran lainnya. Untuk bisa berhemat, kamu harus bisa membedakan antara keinginan dengan kebutuhan. Untuk itu, kalau kamu sudah membuat anggaran, patuhilah aturan yang telah kamu buat.

Jangan mudah tergoda untuk membeli barang atau makanan mahal yang tidak penting saat kamu sedang hangout bersama teman-teman. Sebelum membeli sesuatu, selalu tanyakan diri sendiri apakah yang akan kamu beli itu keinginan atau kebutuhan.

 

4. Sewa unit apartemen dalam jangka panjang

Tips hemat tinggal di apartemen berikutnya adalah melakukan sewa apartemen dalam jangka panjang sekaligus. Terutama kalau kamu berencana tinggal di daerah itu cukup lama.

Hal ini penting karena semakin lama kamu menyewa, biaya yang kamu bayarkan akan lebih murah. Misalnya menyewa apartemen dalam jangka waktu dua tahun biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan harga sewa 18 bulan.

5. Pilih apartemen yang dekat dengan transportasi umum

Untuk bepergian di kota besar, memang akan lebih murah jika kamu menggunakan kendaraan umum dibandingkan membawa kendaraan sendiri atau menggunakan taksi dan ojek. Usahakan pilih apartemen yang dekat dengan transportasi umum agar kamu bisa menghemat pengeluaran transportasi.

Misalnya, kalau kamu tinggal di Jakarta kamu bisa pilih apartemen yang dekat dengan stasiun MRT, KRL atau halte Transjakarta. Sebisa mungkin, kamu juga memilih apartemen yang dekat dengan fasilitas publik lainnya seperti restoran, supermarket, dan tempat hiburan.

WhatsApp chat