fbpx
sales@bandaracity.com

5 Hal Ini Kenapa Investasi Apartemen Menguntungkan

5 Hal Ini Kenapa Investasi Apartemen Menguntungkan

|Februari 27, 2020 | News

Investasi apartemen adalah salah satu investasi yang paling menguntungkan di tahun 2019. Mengapa investasi apartemen menguntungkan?

Artikel ini akan membahas alasan investasi apartemen menguntungkan serta tips untuk melakukan investasi apartemen dengan baik dan aman.

5 Keuntungan Investasi Apartemen

Investasi apartemen adalah salah satu jenis investasi yang sangat berkembang.

Terbatasnya lahan di kota besar serta harga tanah di perkotaan yang semakin mahal membuat para pengembang properti mulai mempertimbangkan pilihan hunian vertikal.

Hunian vertikal seperti apartemen memiliki daya tariknya tersendiri. Selain lokasi yang biasanya memiliki akses langsung dengan pusat perbelanjaan, apartemen biasanya menawarkan fasilitas layaknya di hotel.

Oleh karena permintaan pasar yang semakin tinggi, banyak orang yang mulai melakukan investasi apartemen. Berikut adalah 5 keuntungan dari investasi apartemen yang berbeda dari instrumen investasi lainnya.

#1 Mulai Menjadi Tren dan Sedang Berkembang

Dengan berkembangnya teknologi dan zaman, mobilisasi manusia juga semakin meningkat. Untuk memenuhi permintaan ini, diperlukan sebuah hunian yang tidak terlalu besar, tetapi cukup dan nyaman.

Kebutuhan ini ditawarkan oleh apartemen dimana menjadi pilihan hunian bagi para pasangan muda yang jarang menghabiskan waktunya di rumah.

Tidak sedikit juga pasangan yang telah berkeluarga pun yang juga memilih apartemen karena akses, fasilitas serta lokasi yang ditawarkan.

Anda dapat melihat perkembangan ini dari pembangunan hunian vertikal yang sering berada di dekat pusat perbelanjaan atau lokasi TOD (Transit Oriented Development) seperti lokasi transit yang dekat terminal atau stasiun.

Perkembangan ini akan menguntungkan investasi Anda karena dengan semakin meningkatnya permintaan, semakin tinggi pula kenaikan harga apartemen.

Jika Anda memulai lebih dini, Anda dapat membeli apartemen dengan harga yang lebih terjangkau dan menjualnya dengan harga yang lebih tinggi.

#2 Dapat Dibeli Dengan Modal Kecil

Harga apartemen memang beragam, apartemen dengan luas yang sama tetapi lokasi yang berbeda pasti memiliki harga yang berbeda pula. Semakin strategis lokasi apartemen, semakin mahal pula harga apartemen tersebut.

Namun, jangan mengira bahwa investasi hanya dapat dilakukan di lokasi apartemen yang bagus. Apartemen yang bukan berada di pusat kota pun menawarkan peningkatan harga yang cukup signifikan.

Dengan modal yang jauh lebih kecil dibandingkan investasi properti lainnya, Anda sudah dapat melakukan investasi apartemen.

Pilihan harga apartemen yang beragam sangat menguntungkan bagi investor untuk memilih investasi sesuai dengan kemampuannya.

Apartemen yang berada di pinggir kota dapat dibeli dengan harga Rp200 juta. Selain itu, Anda pun dapat menggunakan bantuan kredit dari perbankan atau pengembang untuk memudahkan pembiayaan.

#3 Dapat Disewa Dengan Periode Beragam

Untuk mendapatkan keuntungan selain capital gain, apartemen juga dapat disewakan. Namun, jika Anda berinvestasi properti, kebanyakan sewa akan dilakukan per tahun atau per 6 bulan.

Hal ini berbeda untuk apartemen. Bagi Anda yang memiliki unit apartemen, Anda dapat menyewakannya per bulan bahkan per hari. Penawaran harga sewa juga beragam.

Anda dapat menyewakan apartemen dengan harga yang lebih tinggi jika fasilitas di dalam unit Anda cukup lengkap. Luas sebuah unit juga dapat mempengaruhi harga sewa.

Anda dapat memanfaatkan platform akomodasi online seperti Traveloka.com untuk memasarkan unit Anda dan menyewakannya dengan sistem yang terpercaya.

Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan apartemen tersebut, Anda dapat menggunakan unit tersebut kembali tanpa harus pusing karena keterikatan kontrak.

#4 Harga Jual yang Akan Meningkat

Pada investasi saham, terdapat besar kemungkinan harga saham Anda akan turun dan Anda mengalami kerugian. Namun, hal ini tidak perlu dikhawatirkan dalam investasi apartemen.

Kenaikan apartemen melebihi pertumbuhan tingkat inflasi, sehingga Anda tidak perlu takut investasi Anda termakan inflasi. Kedua, layaknya harga properti, apartemen akan selalu mengalami kenaikan harga, baik rendah atau tinggi.

Persentase kenaikan apartemen adalah 5% hingga 10% per tahun. Jika Anda membeli apartemen dengan harga Rp300 juta, maka setiap tahunnya kenaikan harga dapat mencapai Rp30 juta.

Dalam jangka panjang, kenaikan ini akan terakumulasi dan investasi awal Anda akan sangat menguntungkan.

Harga jual yang lebih tinggi ini akan mendatangkan keuntungan investasi untuk Anda. Selain Anda sudah memanfaatkan apartemen tersebut (ditinggalkan atau disewakan), Anda pun mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga jual.

#5 Investasi yang Berbasis Simpanan

Investasi apartemen dapat dilihat sebagai salah satu bentuk investasi yang berbasis simpanan. Alasannya, Anda tidak akan mudah tergoda untuk menjadikan investasi tersebut sebagai uang tunai dan menghabiskannya.

Hal ini tentu berbeda jika Anda berinvestasi pada emas atau valuta asing. Jika Anda membutuhkan uang, maka Anda dapat langsung menjualnya demi uang tunai.

Investasi apartemen dapat membantu mengontrol sifat belanja yang impulsif serta membantu mengatur pengeluaran Anda. Sifat apartemen yang tidak terlalu likuid dapat dinilai sebagai aspek positif pada perencanaan keuangan Anda.

 

Sumber : financialku.com