Loading...
  • Alt
  • Alt
  • Alt

Menurut salah satu pemberitaan online, Jakarta Barat memiliki jumlah apartemen yang lebih banyak dibandingkan dengan jumlah apartemen di daerah Jakarta lainnya seperti di Jakarta Utara, Jakarta Selatan atau di Jakarta Timur. Secara keseluruhan ternyata hampir 22% apartemen berada di Jakarta Barat.
Alasan itulah yang menyebabkan harga sewa apartemen di Jakarta Barat relatif lebih kompetitif namun tetap terjangkau. Salah satu alasan mengapa banyak warga yang memilih Jakarta Barat sebagai tempat hunian favorit, ternyata Jakarta Barat dipilih karena lokasinya sangat dekat dengan Bandara Udara Internasional Soekarno Hatta. Alasan itulah yang melatarbelakangi pembangunan Bandara City yang lokasinya hanya 2 kilometer dari Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Kawasan Jakarta Barat memang lebih banyak dipilih oleh keluarga muda. Keluarga muda ini rata-rata merupakan generasi milenial yang memang lebih suka traveling sehingga memiliki mobilitas yang tinggi. Tidak heran jika saat ini kawasan Jakarta Barat juga termasuk kawasan sewa apartemen yang paling banyak dicari oleh kalangan muda yang kerap kali traveling menggunakan pesawat terbang.

1. Identifikasi apartemen yang akan disewa
Salah satu cara mudah untuk mengidentifikasi apartemen adalah dengan mencarinya melalui internet atau melalui sosial media. Generasi milenial adalah generasi yang paling banyak mencari informasi secara online. Bahkan kini mereka pun kerap kali mendapatkan informasi apartemen baru di Jakarta Barat melalui internet. Selain itu juga, rekomendasi dari beberapa pengguna apartemen bisa jadi rujukan, panduan dan juga sebagai gambaran bagaimana suasana apartemen atau beberapa informasi yang memang dibutuhkan untuk mengetahui informasi apartemen yang hendak disewa.

2. Bandingkan dengan apartemen yang berada di sekitar lokasi
Unit apartemen pasti memiliki perbedaan antara unit apartemen yang satu dengan yang lainnya. Cari kelebihan dan kekurangan apartemen yang hendak disewa sehingga semakin memudahkan saat tinggal dan juga tidak sulit melakukan aktivitas sehari-hari. Misalnya seperti Apartemen Bandara City yang akan dilengkapi dengan tempat hiburan seperti karaoke, tempat bermain anak hingga bioskop. Sedangkan tempat berbelanja, sudah ada supermarket yang menyediakan semua bahan pokok dan bahan kebutuhan harian yang mudah dijangkau tanpa harus mengeluarkan kendaraan di tengah kemacetan Jakarta.

3. Pastikan kelengkapan dokumen pemilik apartemen sah
Jangan terlalu terburu-buru bahkan tergiur dengan harga sewa apartemen yang murah di Jakarta Barat. Pastikan bahwa penyewaan dilakukan langsung tanpa menggunakan perantara. Untuk itu, mintalah beberapa bukti kepemilikan apartemen secara sah. Umumnya beberapa orang membeli apartemen memang menjadi salah satu cara untuk berinvestasi kemudian menyewakan apartemennya kepada orang lain sehingga bisa membantu meringankan biaya atau beban cicilan apartemen. Jangan pernah mengambil risiko dengan pemilik yang tidak bisa memberikan bukti sah. Konsultasikan juga dengan pengelola atau pengembang bahwa apartemen yang disewa memang benar-benar sesuai dengan nama pemiliknya. Konsumen memiliki hak untuk mengetahui keabsahan kepemilikan agar di kemudian hari tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Hindari sewa apartemen di Jakarta Barat melalui calo atau perantara.

4. Cari tahu keamanan lokasi apartemen
Salah satu ciri sebuah apartemen dikelola dengan baik adalah apartemen yang memiliki sistem keamanan mumpuni. Tak perlu terlalu canggih namun ada pengaturan dari petugas keamanan secara rutin dan bergilir. Terlebih saat ini beberapa apartemen memang rawan digunakan untuk fungsi yang tidak sebagaimana mestinya. Untuk itu dibutuhkan pengecekan terlebih dahulu untuk mencari tahu kemananan lokasi apartemen. Tidak ada salahnya juga bertanya pada warga sekitar, karyawan apartemen dan sumber informasi lainnya yang bisa memberikan info valid dan dapat dipercaya. Apalagi jika membawa kendaraan bermotor. Pastikan sistem keamanan parkir bagi penghuni apartemen memang sudah terjamin.

5. Ketahui akses transportasi terutama kendaraan umum
Dengan jarak hanya sekitar 2 kilometer dari Apartemen Mal Bandara City menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta, tentu tidak akan kesulitan mendapatkan kendaraan umum baik menuju apartemen maupun dari apartemen. Apalagi saat ini generasi milenial sudah banyak mendapatkan kemudahan seperti tersedianya angkutan transportasi online sampai dengan angkutan umum masal yang sudah terintegrasi satu sama lain. Terlebih saat ini pemerintah baru saja meresmikan transportasi kereta api langsung dari stasiun Sudirman Baru menuju Bandara. Ke depan proyek kereta api bandara akan berlanjut sampai dengan stasiun Manggarai. Tidak akan menutup kemungkinan rencana kereta api cepat Bandung-Jakarta akan bermuara di stasiun Manggarai sehingga penumpang dari berbagai daerah akan lebih mudah mengakses Bandara Internasional Soekarno Hatta. Bagi penghuni apartemen yang dekat dengan Bandara Internasional Soekarno Hatta seperti Apartemen Bandara City, tentu hal ini malah menjadi nilai plus. Proyek kereta api bandara dipastikan akan menjadi pilot project akses ke bandara agar lebih mudah dengan ongkos yang terjangkau dan faslitas kereta api yang nyaman.

6. Cari informasi fasilitas sewa apartemen di Jakarta Barat
Beberapa apartemen memiliki faslitas dan fitur andalannya. Salah satu yang menarik yang ditawarkan oleh Apartemen Bandara City adalah para penyewa apartemen tidak perlu membawa barang-barang atau furniture lagi karena beberapa unit sudah fully furnished, atau sudah dilengkapi dengan beberapa furniture utama. Selain itu juga Apartemen Bandara City menjadi salah satu alternatif menginap jika mengalami delay penerbangan yang panjang seperti saat terjadi letusan Gunung Agung di Bali. Bagi warga non Jakarta tentu akan sangat merepotkan jika harus bolak balik ke rumah dengan jarak yang cukup jauh. Salah satu alternatif untuk mencari penginapan murah di Jakarta Barat adalah dengan menyewa satu unit apartemen di Bandara City dengan harga yang amat kompetitif. Apalagi lokasinya sangat dekat yang bisa diakses kurang dari 10 menit saja. 

7. Cari promo atau diskon sewa dari pemilik langsung
Beberapa pemilik terkadang punya kebutuhan khusus jika menyewakan apartemennya. Inilah yang bisa dijadikan celah untuk bernegosiasi. Jika belum bisa mendapatkan promo tidak ada salahnya untuk menawar dengan argumen yang masuk akal. Tapi, jangan pula melakukan penawaran dengan Afghan alias sadis. Yang penting range-nya sudah masuk akal dan tidak lebih mahal dari harga sewa kamar hotel di Jakarta Barat.

Sumber : https://dzulfikaralala.com/7-tips-sewa-apartemen-terjangkau-di-jakarta-barat